Headlines News :
Home » » Wowww...2.224 Siswa Dipastikan Tersingkir, TPA Serentak di Sekolah RSBI

Wowww...2.224 Siswa Dipastikan Tersingkir, TPA Serentak di Sekolah RSBI

Selasa, 31 Mei 2011, 09:39

DENPASAR - Sebanyak 3.544 siswa mengikuti ujian Tes Potensi Akademik (TPA) untuk bisa masuk ke SMA negeri yang berstatus Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) di Denpasar, Senin (30/5). TPA yang digelar dua hari, ribuan siswa tersebut merebutkan jatah 1.320 kursi. Itu berarti sebanyak 2.224 siswa dipastikan tersingkir dan tak bisa masuk ke sekolah favorit ini.

Hari pertama TPA, Senin kemarin, materi yang diujikan adalah Matematika dan IPS. Jumlah soal yang diujikan untuk setiap materi pelajaran sekitar 40 pertanyaan dengan waktu 60x2 menit. Sekolah RSBI yang kemarin serentak melaksanakan TPA adalah SMAN 1, SMAN 3, SMAN 4, dan SMAN 5 Denpasar.

Seorang siswi, Desi Wahyuni yang berasal dari SMP PGRI 2 Denpasar, mengaku agak kesulitan dalam mengerjakan soal. Pasalnya, beberapa materi yang diujikan belum pernah diajarkan untuk tingkat SMP. “Soalnya lebih sulit daripada soal UN kemarin, seperti logaritma, itukan belum pernah diajarkan di SMP,” katanya ditemui di SMA 3 Denpasar. Namun demikian, dia yakin bisa lulus pada tes sistem TPA tersebut.

Di tempat yang sama Kepala Sekolah SMA 3 Denpasar, Ketut Suyastra, mengatakan kalau saat ini jumlah peserta yang mendaftar di SMA 3 Denpasar mencapai 1.193 siswa. Sedangkan untuk daya tampung hanya 280 siswa belum lagi jatah untuk siswa berprestasi 20 persen. “Memang pendaftaran untuk tahun ini lebih banyak daripada tahun
sebelumnya,” ungkapnya.

Sementara itu, dari data yang dihimpun di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Didikpora) Denpasar, jumlah siswa yang mengikuti seleksi penerimaan peserta didik baru (PPDB) lewat jalur TPA di empat sekolah RSBI itu tercatat 3.544 siswa. Sedangkan kuota yang tersedia hanya 1.320 siswa, itu berarti 2.224 siswa dipastikan gagal masuk sekolah RSBI.

Jumlah terbanyak pendaftar berada di SMAN 3 Denpasar. Jumlah peserta TPA di sekolah ini sebanyak 1.193 siswa, untuk daya tampungnya hanya sebanyak 280 siswa. Sebanyak 224 kursi (80 persen) diperebutkan lewat jalur TPA. Sisanya 56 kursi (20 persen) lagi akan diisi oleh siswa yang memiliki prestasi akademik/non-akademik atau melalui jalur prestasi.

Untuk SMAN 5 Denpasar, jumlah peserta TPA tercatat 911 siswa. Daya tampung di sekolah ini sebanyak 400 siswa. Mereka yang diterima lewat jalur TPA sebanyak 320 kursi, sedangkan 80 kursi  siswa akan diisi melalui jalur prestasi.

Demikian juga di SMAN 1 Denpasar. Sebanyak 288 kursi (80 persen) diperebutkan oleh 834 siswa peserta TPA. Sementara 72 kursi (20 persen) lagi akan diperebutkan siswa-siswa lewat jalur prestasi.

Jumlah peserta TPA di SMAN 4 Denpasar sebanyak 606 siswa. Kuota yang diperebutkan sebanyak 224 kursi. Sedangkan 56 kursi (20 persen) akan diperebutkan oleh siswa-siswa yang memiliki prestasi akademik/non-akademik. Untuk diketahui, dalam menentukan kelulusan, hasil atau nilai TPA tak bersifat mutlak. Nilai TPA wajib dikonversikan lagi dengan nilai UN dan nilai rapor calon siswa dari kelas VII hingga IX SMP.

sumber : NusaBali
Share this article :

Pengunjung Blog Ini:


Recent Post

Popular Posts

The Others News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Badung - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen