Headlines News :
Home » , , » Bobol ATM Pasang Router dan Kamera, Target Wisatawan Asing

Bobol ATM Pasang Router dan Kamera, Target Wisatawan Asing

"Jadi, pelaku sudah pegang data ATM nasabah dan PIN-nya. Dengan kata lain, si pelaku sudah punya ATM si nasabah," ujar Achmad.Pelaku, lanjut Achmad, menyuntikkan data dari router itu ke kartu ATM palsu. Dari kartu palsu itulah, pelaku menarik uang nasabah. Gbr Ist
Target Sindikat Ini Adalah Wisatawan Asing yang Sedang Berlibur di Bali

JAKARTA - Warga negara Bulgaria, IIT (46), ditangkap atas dugaan menjadi bagian dari sindikat pembobol uang nasabah.

Dalam aksinya, IIT dan rekan-rekannya mengincar warga negara asing yang tengah berlibur di Bali.

Kasubdit Cyber Crime Badan Reserse Kriminal Polri Kombes Rachmad Wibowo mengatakan, sindikat itu mengambil uang nasabah WNA dalam jumlah yang tidak terlalu besar, di antaranya sekitar 300 Euro atau setara dengan Rp 14,2 juta.

"Biasanya WNA berlibur di Bali lebih dari satu minggu. Jadi korban baru mengetahui bahwa uang di rekening berkurang setelah dia balik ke negaranya. Jadi, pelaku bisa lebih leluasa," ujar Rachmad, di Mabes Polri, Jakarta, Senin (20/4/2015).

Dari barang bukti yang disita, rata-rata korban adalah warga negara asing.

Hanya satu atau dua orang yang merupakan warga negara Indonesia yang uangnya ditarik dari anjungan tunai mandiri di negara Asia tenggara lainnya.

Berdasarkan komunikasi penyidik Bareskrim Polri dengan Europol Cyber Crime Center (EC3) atau komunitas Polisi Cyber Crime di Eropa, IIT pernah dihukum dan dipenjara di berbagai negara atas kasus yang sama.

"Alasan lain mengapa mereka melakukan aksi di Indonesia, selain di negaranya sudah ketat dan di Indonesia sangat mudah dilakukan, dia sudah di-blacklist di negaranya, makanya dia beraksi di negara lain," ujar Rachmad.

Cara Bobol Uang Nasabah di Bali, Pasang Router dan Kamera di Mesin ATM

JAKARTA - Penyidik Cyber Crime Polri mengungkap modus seorang perempuan warga negara Bulgaria, IIT (46), dalam membobol uang nasabah. IIT menggunakan peralatan elektronik dan cara yang mutakhir.

Kasubdit Cyber Crime Badan Reserse Kriminal Polri Kombes Rachmad Wibowo mengatakan, IIT serta sindikatnya telah beroperasi selama dua tahun di Indonesia.

Mereka memfokuskan beroperasi di Bali lantaran merupakan tempat tujuan wisata warga negara asing.

"Mereka memilih ATM yang lokasinya sedikit terpencil dan jauh dari keramaian. ATM itu lalu diutak-utik sama mereka," ujar Rachmad di kantornya, Senin (20/4/2015).

Pertama, ia menutup kamera CCTV dengan plester. Setelah aman dari pantauan, pelaku membongkar mesin ATM dan menempatkan teknologi bernama router.

Terakhir, perempuan itu menempatkan kamera kecil di atas kotak tombol ATM itu dan membuka kembali plester yang menutupi kamera CCTV.

Achmad menjelaskan bahwa router yang tersambung dengan SD card berfungsi merekam data nasabah yang ada di dalam ATM ketika nasabah memasukkan kartu ATM-nya.

Sementara itu, kamera kecil di kotak tombol berfungsi untuk merekam personal identification number (PIN).

"Jadi, pelaku sudah pegang data ATM nasabah dan PIN-nya. Dengan kata lain, si pelaku sudah punya ATM si nasabah," ujar Achmad.

Pelaku, lanjut Achmad, menyuntikkan data dari router itu ke kartu ATM palsu. Dari kartu palsu itulah, pelaku menarik uang nasabah.

Pelaku menarik uang dari ATM sedikit demi sedikit supaya nasabah tak menyadarinya.

IIT ditangkap di sebuah vila mewah di bilangan Seminyak, Bali. Penyidik tengah memburu tiga rekannya.

Dalam aksi penangkapan, penyidik menyita sejumlah barang bukti, antara lain perangkat komputer, magnetic card writer, dan uang dalam bentuk berbagai mata uang asing senilai Rp 500 juta.

"Kami menaksir selama dua tahun, pelaku ini telah menyebabkan kerugian miliaran rupiah uang nasabah," ujar Achmad.

IIT dikenakan Pasal 362 KUHP, 363 KUHP, 406 KUHP, Pasal 30 juncto Pasal 46 dan atau Pasal 32 juncto Pasal 48 UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE dan Pasal 3, 4, 5 dan 10 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang dengan hukuman di atas 10 tahun kurungan penjara.








sumber : tribun
Share this article :

Pengunjung Blog Ini:


Recent Post

Popular Posts

The Others News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Badung - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen