Headlines News :
Home » » Tahun 2050 Pulau Pertama yang Tenggelam di Bali .... Nusa Penida

Tahun 2050 Pulau Pertama yang Tenggelam di Bali .... Nusa Penida

Minggu, 15 Mei 2011 09:09 WIB  

DENPASAR -  Dari beberapa lokasi yang terancam tenggelam di Bali pada tahun 2050, diprediksi Pulau Nusa Penida menjadi pulau yang pertama tenggelam.

Prediksi itu disampaikan karena saat ini sebagian besar hutan di Nusa Penida telah gundul. Permukaan air laut pun naik drastis dari 4 sentimeter hingga 7 sentimeter. Nusa Penida terletak di Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

Demikian dikatakan Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Bali I Ketut Teneng di Renon,
Denpasar, Sabtu (14/5).

"Untuk itu, Pemprov Bali memberi perhatian lebih terhadap Nusa Penida dengan berbagai aksi nyata seperti penanaman pohon kembali serta melakukan pelestarian terumbu karang," katanya.

Menurutnya, penanaman ribuan pohon tersebut tidak hanya dilakukan di Nusa Penida tetapi juga di beberapa wilayah yang dianggap rawan bencana seperti di Karangasem, Singaraja dan Jembrana.

Sementara itu, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Bali Anak Agung Gede Alit Sastrawan mengatakan pihaknya kini terus memantau ketinggian air laut di Bali. Air laut di Bali mengalami peningkatan dari semula 4 cm menjadi sekitar 7 cm.

"Dari hasil penelitian yang dilakukan para ahli selama 100 tahun, air laut di Bali mengalami peningkatan terutama pada muka air laut 7 cm. Kalau dibandingkan tahun lalu dan tahun sebelumnya jelas berbeda, untuk angka saya lupa yang jelas air laut saat ini mengalami peningkatan," ungkapnya.

Menurut Agung, dampak dari naiknya permukaan air laut dapat terlihat dari kawasan pantai yang mengalami abrasi. Selain abrasi pada pantai, masalah pemanasan global ditambah perubahan iklim yang kacau juga merupakan masalah yang bisa dikaitkan dengan diprediksikannya pulau Bali tenggelam.

"Bali ini kan pulau kecil yang dikelilingi laut. Bila terjadi pemanasan global dan mencairnya es, air laut semakin naik permukaannya dan Bali yang kecil ini akan sangat berpotensi untuk tenggelam," ujarnya.


sumber : MICOM
Share this article :

Pengunjung Blog Ini:


Recent Post

Popular Posts

The Others News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Badung - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen