Headlines News :
Home » , , » Parah!! Terancam Terpental Belasan Incumbent

Parah!! Terancam Terpental Belasan Incumbent

Dari 34 calon legislatif (caleg) incumbent diprediksi ada 13 caleg yang terpental dari kursi dewan, jika melihat perolehan suara sementara. Sisanya diperkirakan melenggang mulus untuk kembali duduk sebagai wakil rakyat. Gbr Ilustrasi Caleg Terpental dan Stress
MANGUPURA - Pertarungan memperebutkan kursi DPRD Badung semakin ketat. Dari 34 calon legislatif (caleg) incumbent diprediksi ada 13 caleg yang terpental dari kursi dewan, jika melihat perolehan suara sementara. Sisanya diperkirakan melenggang mulus untuk kembali duduk sebagai wakil rakyat.

Dari hasil rekapitulasi penghitungan suara sementara, 13 incumbent yang diprediksi tidak lolos yakni dua dari Dapil Kuta Selatan, dua orang dari Dapil Kuta, dua orang dari Dapil Kuta Utara, tiga orang dari Dapil Mengwi. Sedangkan dari Dapil Abiansemal-Petang yang kemungkinan gagal ada empat caleg.

Meski begitu, karena perhitungan suara ini belum final di tingkat KPU Badung, para caleg ini masih mengawal perolehan suaranya. Apalagi kemungkinan memperoleh suara sisa terbilang cukup sengit antarmasing-masing caleg.

Belum lagi, khusus di Dapil Abiansemal-Petang pleno rekapitulasi suara tertunda karena ditemukan adanya indikasi penggelembungan suara di sejumlah TPS di Desa Abiansemal.

Made Dharma, salah satu caleg dari Partai Hanura Dapil Kuta Selatan mengakui perolehan suaranya tidak signifikan dalam pertarungan pada coblosan 9 April lalu. Ketatnya persaingan antarcaleg terutama yang incumbent sangat ketat. “Suara saya turun. Mungkin tidak cukup hanya pengabdian dan kepintaran saja. Butuh modal besar,” ujar Dharma, belum lama ini.

Dia pun mengaku kini hanya bisa pasrah, sambil menunggu hasil final dari KPU Badung. “Saya masih menunggu hasil final. Tapi soal hasil, saya pasrah saja. Kalau terpilih syukur, tapi kalau tidak mungkin kesempatan bagi generasi yang baru,” ucapnya. Kali ini Dharma maju sebagai caleg DPRD Badung dengan kendaraan Partai Hanura. Sebelumnya dia maju dari PNBKI.

Walau diperkirakan terpental, mereka masih bisa menikmati jabatan sebagai wakil rakyat hingga beberapa bulan ke depan.

“Berdasarkan PKPU Nomor 21 Tahun 2013, penetapan perolehan kursi dan calon terpilih dijadwalkan 11-13 Mei. Pemberitahuan dan penetapan dijadwalkan hingga tanggal 18 Mei. Sementara peresmian keanggotaan pada Juni-Juli, sedangkan pengucapan sumpah janji dijadwalkan antara Juli-Oktober,” beber Ketua KPU Badung AA Gede Raka Nakula, Senin (14/4).

Pada bagian yang lain, pleno ulang di Desa Abiansemal ternyata berbuntut panjang. Pasalnya, caleg dari Partai Gerindra I Nyoman Sentana, mengaku tidak puas, sebab ada indikasi tindakan penggelapan dokumen negara. Indikasi itu disebutkan, timnya menemukan saat pleno berlangsung surat C1 tidak ada di dalam kotak suara. Surat C1 justru dikatakan tertinggal di Banjar Juwet.

“Ini kan tidak masuk akal. Kenapa dokumen negara itu bisa ada di banjar,” sebutnya. Masalah ini pun disebutnya akan dibawa ke ranah hukum. Karena ada dugaan kondisi ini ada unsur kesengajaan. Panwaslu pun disebut-sebut terlibat, sebab Sentana menilai Panwaslu ceroboh.

Ketua Panwaslu Badung Ketut Arka saat dihubungi melalui telepon mengatakan bila C1 itu tidak ada di kotak suara itu tidak apa-apa. Sepanjang tidak ada upaya untuk mengubah hasil perolehan suara. “Bunyi hukumnya kan yang disebut pidana itu bila membuka segelnya dan mengubah hasilnya,” ucapnya.

Arka pun meminta semua pihak tidak membuat opini. Apalagi menyebut Panwaslu terindikasi ikut bermain. “Kasus di Abiansemal sudah jelas itu hanya pelanggaran administratif. Kalau ada hal lain, kami akan tunggu lagi apakah ada pelanggaran atau tidak. Tetapi sampai sekarang belum ada laporan lagi ke kami,” kata Arka.



sumber : NusaBali
Share this article :

Pengunjung Blog Ini:


Recent Post

Popular Posts

The Others News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Badung - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen