Headlines News :
Home » , , » Tokoh Pariwisata Bali Ida Pedanda Gde Ngurah Karang Berpulang

Tokoh Pariwisata Bali Ida Pedanda Gde Ngurah Karang Berpulang

jenazah Ida Pedanda Gde Ngurah Karang disemayamkan di rumah duka
DENPASAR – Bali kembali kehilangan tokoh pariwisata, pada pengujung tahun 2014. Sosok terbaik pariwisata Bali, Ida Pedanda Gde Ngurah Karang lebar (meninggal dunia) Jumat, (19/12) lalu. Tokoh Bali yang bernama asli Ida Bagus Kompiang ini, tutup usia pada usia 87 tahun.

Saat mengunjungi Geriya Karang Klui, Tampakgangsul, Denpasar, yang merupakan kediaman almarhum semasa hidupnya pada Selasa (30/12), terlihat beberapa orang yang sedang melayat. Ida Bagus Ngurah Wijaya, anak sulung mendiang menyatakan, rencana palebon almarhum akan dilangsungkan pada Kamis (25/1) tahun 2015. Sebelum itu, akan didahului dengan sejumlah rentetan ritual dan upacara pitra yadnya secara tradisi Bali yang dipusatkan di Geriya Karang Klui, Tampakgangsul, Denpasar.

Gus Wijaya sapaan akrabnya, mengatakan bahwa ketika pelaksanaan palebon almarhum kemungkinan besar akan berdampak pada kemacetan arus lalu lintas di Denpasar.

Dimulai dari penutupan jalan serangkaian acara pelebon akan dilaksanakan 5 Januari (acara nyiramin) di Jalan Werkudara, mulai pukul 13.00-18.00 Wita. Kemudian acara manah tirta ening pada 22 Januari dan akan menutup Jalan Werkudara, Jalan Kartini serta Jalan Nakula. Pada tanggal 24 Januari ketika acara ngaturan saji tarpana akan ada penutupan Jalan Patimura, Jalan Yudistira, Jalan Werkudara, dan pada malam harinya Jalan Werkudara kembali ditutup pukul 22.00 Wita. Puncak acara pada palebon, yakni Kamis 25 Januari akan berlangsung mulai pukul 12.30 melalui Jalan Werkudara, menuju ke Setra Badung dengan melewati Jalan arjuna, Jalan Sumatra dan Jalan Hasanudin.

“Dalam menjalankan rangkaian upacara pitra yadnya ini, beberapa ruas jalan akan dialihkan, untuk itu kami mewakili keluarga, memohon maaf atas penutupan ini khususnya kepada masyarakat pengguna jalan raya,” kata pria yang juga Ketua Gabungan Industri Pariwisata (GIPI) Bali ini.

Selama hidupnya Ida Pedanda Gde Ngurah Karang getol mempromosikan Pulau Dewata Bali sejak tahun 1960-an. “Pada tahun 1960, almarhum mendapat kepercayaan dari pemerintah pusat untuk memimpin rombongan kesenian Bali berpromosi ke luar negeri dalam program Indonesia Floating Fair (pameran dagang dan wisata di atas kapal laut), dengan tujuan Hawaii, Jepang, HongKong, Filipina, Thailand, dan Singapura,” ujar Gus Wijaya.

Ida Pedanda Gede Ngurah Karang, yang semasa welaka bernama I B Kompiang, adalah putra daerah yang pertama kali membangun hotel di Pantai Sanur pada tahun 1956.

Ngurah Wijaya mengatakan, hotel yang kemudian dikenal dengan nama Segara Village itu dibangun Ida Bagus Kompiang 10 tahun sebelum Hotel Bali Beach (sekarang Inna Grand Bali Beach) Sanur dibangun. Hingga kini, hotel bintang empat itu masih eksis berdiri di Sanur.

Mendiang yang lahir pada 11 April 1927 juga merupakan tokoh pertama yang merintis pendirian organisasi PHRI Bali dan menjadi pemimpinnya. Bahkan almarhum juga pernah bertahun-tahun menjadi Ketua LVRI (Legiaun veteran Republik Indonesia) Cabang Bali. Bahkan semasa hidupnya, yang tertuang dalam biografi terbitan Jagat Press oleh I Nyoman Darma Putra di tahun 2012 lalu, almarhum pernah mendapatkan kepercayaan menjadi konsul kehormatan di beberapa negara. Di antaranya, Swedia, Norwegia, Finlandia dan Denmark.

Atas jasanya ini, Pemprov Bali pada tahun 2003 pernah memberikan penghargaan anugerah Karya Karana Pariwisata sebagai pelopor pariwisata kepada almarhum melalui Disparda kala itu. Sebab, suami dari A.A Mirah Astuti ( Ida Pedana Istri Karang) ini memainkan peran penting sebagai peletak dasar bentuk pariwisata yang melestarikan kebudayaan hingga pada jenjang terakhir hidupnya. Di usia senjanya, Ida Bagus Kompiang mengabdikan diri sebagai pedanda dan mendarmabaktikan kemampuan membangun Bali lewat dunia spiritual keagamaan.







sumber : tribun
Share this article :

Pengunjung Blog Ini:


Recent Post

Popular Posts

The Others News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Badung - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen