Headlines News :
Home » » Galungan, Perkantoran Bali Libur Tiga Hari

Galungan, Perkantoran Bali Libur Tiga Hari

Selasa, 05 Juli 2011 17:49 WIB

DENPASAR - Perkantoran pemerintah dan perusahaan swasta di Bali libur selama tiga hari, 5-7 Juli 2011, terkait perayaan Hari Suci Galungan oleh umat Hindu setempat.

"Libur fakultatif itu sebenarnya juga untuk semua sekolah jenjang pendidik, yang kini sedang menikmati liburan panjang setelah kenaikan kelas," kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Protokol Pemerintah Provinsi Bali, I Ketut Teneng, di Denpasar, Selasa (5/7).

Ia menjelaskan, tiga hari libur fakultatif tersebut meliputi hari Penampahan Galungan yang jatuh pada Selasa (5/7) guna menyiapkan segala keperluan upacara keagamaan, menyusul Hari Raya Galungan pada Rabu (6/7), dan "umanis" Galungan, Kamis (7/7).

Ia menjelaskan, instansi yang mengemban tugas pelayanan publik seperti rumah sakit tetap memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan jadwal karyawan diatur sedemikian rupa.

Hari Suci Galungan, kata Ketua Program Studi Pemandu wisata Institut Hindu Dharma Indonesia (IHDN)
Denpasar Doktor I Ketut Sumadi, selain bermakna memperingati kemenangan Dharma (kebaikan) atas Adharma (keburukan) juga memberikan keheningan atas kemakmuran dan kesejahteraan yang dilimpahkan Ida Sanghyang Widhi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa.

Ia menjelaskan, Hari Kemenangan Dharma sekaligus kebangkitan dan tangga menuju pemusatan pikiran dan kesucian diri agar umat manusia dalam menjalani kehidupan benar-benar suci dan bersih.

Gubernur Bali Made Mangku Pastika menetapkan 15 hari kerja sebagai hari libur lokal (fakultatif) terkait berbagai kegiatan ritual keagamaan umat Hindu, di samping 13 hari untuk libur nasional dan empat hari cuti bersama selama 2011.

Libur lokal khusus di Bali itu dimaksudkan agar umat Hindu dapat melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan dan persembahyangan secara baik.

sumber : MICOM
Share this article :

Pengunjung Blog Ini:


Recent Post

Popular Posts

The Others News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Badung - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen