Headlines News :
Home » , » Pejabat Hainan Kagumi Budaya Dan Keramahan Bali

Pejabat Hainan Kagumi Budaya Dan Keramahan Bali

Pejabat Provinsi Hainan (Tiongkok), Luo Baoming (kiri) dalam pertemuannya dengan Gubernur Bali Made Mangku Pastika di Jayasabha, Denpasar, Bali
Denpasar - Seorang pejabat Provinsi Hainan (Tiongkok), Luo Baoming menilai kekuatan pariwisata Bali terletak pada keagungan nilai kebudayaan dan keramahan masyarakatnya yang selalu murah tersenyum.

"Kekuatan pariwisata Bali terletak pada budaya dan masyarakatnya, bukan keindahan alamnya seperti lautannya yang biru , pantainya yang indah atau hotelnya yang bagus dan lengkap," ujarnya dalam pertemuannya dengan Gubernur Bali Made Mangku Pastika di Jayasabha, Denpasar, Bali, Sabtu Malam.

Ia menjelaskan, kebudayaan Bali yang unik dengan tata nilainya yang tinggi dan estetis menjadi ciri keunikan Bali yang membedakan dengan tempat tempat lain di dunia, apalagi didukung keramahan penduduknya yang membuat Bali semakin unik.Terkait keramahan masyarakat, menurut Luo Baoming, tidak kalah mengesankan selama mengunjungi Bali karena di sepanjang waktu dan perjalanan orang orang pada tersenyum, sopan dan terlihat sangat toleran, hal in menyebabkan wisatawan merasa berada di rumahnya sendiri.

"Sepertinya senyum sudah menjadi simbol Pulau Bali, bila bertemu dengan orang lain pada mencakupkan tangan mengucapkan selamat kepada yang lainnya, saya mulai mengerti di sini dan sangat menikmati Bali," ujarnya dihadapan Gubernur dan para pejabat teras kedua provinsi bersaudara itu..

Luo Baoming yang juga Sekretaris Partai Komunis Tiongkok (PKT) Provinsi Hainan sekaligus pejabat tertinggi di Hainan, mengatakan sudah mengunjungi beberapa lokasi objek wisata Bali termasuk Tanah Lot dan Pantai Kuta yang sudah cukup terkenal sehingga banyak dikunjungi wsatawan asing termasuk wisatawan Tiongkok, namun bukan keindahan alamnya itu yang menjadi ruh pariwisata Bali.

Selain itu, Sekretaris PKT yang juga mantan Gubernur Hainan ini dalam kunjungan empat hari di Bali sejak Selasa (30/7 sampai Minggu (2/8) menyempatkan diri mengunjungi industri kerajinan kayu, batu dan seni membatik yang ternyata sangat estetis dan mengesankan sekali bagi setiap wisatawan yang datang ke Bali.

"Aneka produk ukiran batu yang menghiasai sepanjang perjalanan, demikian juga ukiran kayu di sepanjang pertokoan atau ruang terbuka sambil menikmati ratusan bahkan ribuan pura (tempat suci umat Hindu) berbaris tidak ada habisnya benar benar pemandangan yang sangat mengesankan," ujarnya.

Mantan Gubernur Hainan ini mengungkapkan, hanya ada satu kalimat yang pantas untuk Bali. " siapapun yang datang ingin segera pulang, namun setelah pulang ingin datang lagi menikmati keunikan Bali yang luar biasa," ujarnya..

Luo Baoming tanpa ragu mengakui terus terang akan mengirim delegasi lagi ke Bali untuk benar benar mengetahui secara lebih dalam segala kelebihan pariwisata Bali yang justru menjadi kelemahan Hainan, sehingga mendapat pembelajaran dari Balai tentang bagaimana mengembangkan pariwisata.








sumber : antarabali
Share this article :

Pengunjung Blog Ini:


Recent Post

Popular Posts

The Others News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Badung - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen