Headlines News :
Home » » Tower Bodong Bertaburan?

Tower Bodong Bertaburan?

Senin 11 April 2011

MANGUPURA - Menara atau tower yang berkamuflase atau menyamarkan bentuknya semakin marak saja. Di sejumlah titik kawasan, sudah dibangun tower yang dikamuflase sebagai tandon atau penampungan air. Jika sebelum ditemukan di daerah Sibang Gede, Abiansemal, dan Desa Buduk, Mengwi, tower seperti itu juga ditemukan di wilayah Kerobokan Kuta Utara. Sebuah tower dengan tinggi tidak kurang 10 meter ini dibangun dengan bentuk persis menyerupai tandon air. Posisi pun berada di belakang rumah warga di Jalan Batu Belig Kerobokan Kuta Utara. Meskipun atapnya dari genteng dengan bentuk piramida, namun terlihat kabel-kabel perlengkapan dari tower yang beroperasi.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Badung, Made Sutama secara terpisah mengakui ada tower kamuflase tersebut marak berdiri di sejumlah titik di wilayah Badung. Meskipun anehnya hingga sekarang pihaknya belum melakukan tindaklanjut seperti pendataan dan penertiban.

Padahal ia menyebutkan jika tower tersebut tidak mengantongi izin alias bodong. Ia pun berdalih pihak sedang melakukan pendekatan dengan pemilik rumah untuk mengetahui kepemilikan tower tersebut. Ia juga sudah meminta kepada pemilik rumah agar merobohkan tower tersebut secara mandiri. Namun realisasinya hingga sekarang tower tersebut masih tegak berdiri.

”Yang di Sibang itu sudah kita lakukan tindaklanjut dan pembinaan meminta agar dibongkar sendiri. Memang sampai sekarang belum dibongkar juga. Memang iya ada (tower kamuflase), tetapi kita belum mendata secara keseluruhan, sehingga tidak tahu berapa jumlahnya,” ujar Sutama, Minggu (10/4) kemarin. Disinggung mengenai langkah tegas bongkar paksa seperti eksekusi tower milik beberapa perusahaan, ia belum berani menjanjikan. Ia hanya menyatakan pihaknya akan segera melakukan pendekatan kepada pemilik tower tersebut. Praktis pembongkaran tower kamuflase ini hingga sekarang belum pernah terjadi.

Padahal pada saat eksekusi sejumlah tower beberapa waktu lalu, tower kamuflase ini masuk daftar list pembongkaran. Alasannya tidak mengantongi perizinan. Selain tower kamuflase, sejumlah tower yang dibangun di atas bangunan juga diancam dibongkar paksa oleh tim yutisi, bahkan sudah terbit surat teguran.

Namun hingga sekarang belum ada realisasi dan kejelasan langkah pembongkarannya. “Kita akan lakukan pendekatan lagi nanti. Kita khan harus hati-hati, tidak bisa gegabah. Sambil jalan nanti, tidak bisa sekaligus (menertibkan),” jelas Sutama.

sumber : NusaBali
Share this article :

Pengunjung Blog Ini:


Recent Post

Popular Posts

The Others News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Badung - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen